Monitiring jaringan dilakukan karena ada kejanggalan. Jaringan terasa lambat, dugaan karena adanya host yang teriak2 di jaringan, ato bisa juga karena virus dll. Dan setelah di intip menggunajan wireshark hasilnya kurang lebih begini :

16546    3193.064203000    192.168.0.240    192.168.0.255    NBNS    Name query NB SLBNQPMSXCH.BIZ<00>
16547    3193.065791000    192.168.0.240    192.168.0.255    NBNS    Name query NB JBPHEIP.CN<00>

ip 192.168.0.40 dia query ke JBPHEIP.CN, dan pas bertanya ke mbah google tentang alamat itu malah dikasih tau kalo itu situs update-an punya conflicker. Wah langsung aja tanpa pikir panjang, langsung install ulang tu kompi, eh pas lagi monitor arus jaringan, ternyata ada juga request yang sama dari kompi lain, parahnya yang request itu adalah kompi win 2003 server. Tapi karena win2003 servernya jarang di pake jadi di matiin aja tuk semantara ngga pa2. Kebetulan semua data yang penting ada di server linux. Jadi aman, ngurusin win2003 servernya kpan2 aja kalo ada waktu. Link download Wireshark di http://myfilessaves.wordpress.com

About these ads