Webmin adalah fasilitas GUI dalam meng-administrasi sistem linux. Webmin sendiri dapat do download di http://webmin.com. Untuk percobaan kali saya menggunakan software vmware yang menjalankan linux centos dan windows xp. Untuk linux menjalankan web service apache, jadi pastikan bahwa apachenya dah jalan dan dapat di akses di browser, baik dilinux maupun di windows. Kalo di linux dah bisa tp di windows belum bisa, pastikan windows di vmware dan linux di vmware dah bisa saling koneksi. Kalau web servicenya dah jalan dan bisa akses dari windows, sekarang kita tinggal setting PROXY servernya.

Jenis Proxy ada 2:

1. Parent : Jika client requst ke cache Proxy server ngga di temukan, maka proxy akan meneruskanya ke webservernya langsung.

2. Sibling : Jika client request ke proxy tidak ditemukan , maka proxy tidak akan meneruskan ke webservernya.

Jalankan Proxy-nya

#/etc/init.d/squid start

Konfigurasi Squid di webmin.

1. Masuk ke squid proxy server, buka ports and Networking. Masukan Port yang akan digunakan. Umumya adalah 8080, namun defaultnya adalah 3128. Kalo sudah silahkan klik save.

2. Kongisurasi Paren atau Sibling, buka Other cache kemudian klik add other cache.  Pada  kolom Hostname isikan 192.168.0.5, port 3128 isikan type parent, tekan save

3. Kembali ke index, klik Memory Usage. Standar yang di anjurkan untuk besarnya memory proxy yaitu N/3. N adalah besar memory fisik kompi kita.

Setelah semuanya selesai, tinggal menentukan IP address mana aja yang boleh akses ke web server kita. Di index kita klik Access Control, kemudian cari pilihan Client address di listbox, terus klik Create new ACL. Masukan nama ACL ex: localnet. jika kita ingin semua client bisa akses webserver, silahkam di field From IP diisi 192.168.0.0 to IP kosong Netmask 255.255.255.0. Kalau sudah, klik save. Masih dalam acces control, cari link Add proxy restriction. Pilih Action Allow, Clik/Pilih localnet kemudian tekan save. Kemudain Applay change. Selanjutnya adalah set proxy di masing2 client. Untuk IE silahkan pilih Tools-> Internet Option -> COnnection -> LAN Setting -> Masukan IP roxy kita serta Port yang akan di gunakan. Setelah itu silahkan tes  koneksi ke webserver. Cara ini memang meropatkan karena harus mensetting tiap user yang ingin untuk koenk ke internet. Untuk settingan proxy secara otomatis, kita bisa menggunakan metode yang di namakan Transparen Proxy… bersambung ke transparent… dah cape.. laper lg.. hehehe..