Ini adalah cara yang saya coba untuk merubah koneksi database sql server 2000 ke mysql yaitu dengan menggunakan sebuah tool untuk konversinya.  Kalau ga salah nama toolnya MSSQL to MySQL. yang pernah saya pakai adalah MSSQL to MySQL v4.1 DIGERATI. Tool ini saya gunakan untuk mengkonversi database perpus di sql server 2000 ke mysql. Walaupun belum sempat saya uji hasilnya tapi programnya nampaknya berhasil jalan dengan baik. Kebetulan programnya sudah saya siapkan silahkan di download dulu disini

http://www.ziddu.com/download/18223239/konekissqlserverdanmysl.rar.html

  • pertama-tama donwload programnya kemudian extract hasil downloadanya.
  • selanjutnya buka folder yang sql server trus lakukan attache database di sql server 2000
  • setelah itu coba jalankan programnya samapai dengan login dan masuk menu utama di sistem perpustakaan
  • jika semuanya berjalan baik, maka langkah selajutnya yaitu mengkonversi database mysql dengan tool itu.

Anggap saja sudah berhasil mengkonversi ke mysql. Dan database perpustakaan sudah ada di databse mysql.  Selanjutnya adalah merubah konekis database sql 2000 ke mysql. Caranya yaitu :

  • Silahkan buka folder dan buka project perpustakaanya.
  • Rubah cls koneksi sesuaikan dengan databas mysql anda.
  • setelah itu jalankan projectnya.
  • Selesai

Untuk contoh disini ada sedikit perbedaan saat masuk ke komputer server database. Yang menggunakan sql server 2000 itu harus menyebutkan nama komputer server database karena memang di cls koneksinya belum di tentukan nama komputer server database. Sementara yang mysql memang sudah di tentukan di cls koneksinya. Selamat mencoba.