Ada beberapa tool yang bisa digunakan untuk remote komputer melalui jaringan. Ada yang gratis, ada yang bayar. Yang bayar seperti remote admin dan remote office manager. Yang gratis seperti VNC. Untuk vnc bisa jalan juga di banyak platform seperti linux dan windows. Disi saya akan membahas VNC yang untuk windows.

Untuk bisa mejalankan sebuah fungsi remote komputer di jaringan, maka kita membutuhkan 2 buah service/program yang satu di tanam di komputer yang akan dijadikan targer remote, biasanya namanya server, kalo di vnc namanya vnc server. Sementara 1 lagi di tanam dikomputer yang untuk meremote client, biasanya namanya viewer, kalo di vnc namanya vnc server.

Oke langsung saja download programnya disini http://www.softpedia.com/get/Internet/Remote-Utils/VNC-for-Windows.shtml atau tempat lain juga boleh.. Setelah donwload kemudian install. Ikuti Cara installnya sebagai berikut.

1. Komputer client.

  • Install di komputer target atau komputer client.  Nanti akan ada tawaran untuk memilih service yang akan di install di komputer client. Karena kita akan menginstall di komputer client, maka yang dipilih adalah vnc server. Berikut skrin sutnya.

  • Klik Next sampai ketemu gambar berikut.

Penting!! Pilih VNC Password Authentication kemudian klik Configure dan masukan password,  supaya kalo ada yang mau meremote harus tau passwordnya.

  • Kalau sudah selesai, maka dipojok kanan bawah ada lambang VNC, jika kita melewatkan mouse diatasya, maka akan keluar nomor IP Komputer tersebut. Nah IP inilah yang nanti akan menjadi alamat/nama server ketika kita ingin meremote komputer tersebut.

2.  Komputer untuk meremote client/ Komputer admin jaringan.

  • Untuk komputer ini hanya memilih mode VNC server saja seperti pada gambar pertama.
  • Setalah selesai kemudian jalankan Run VNC Viewer. Tampilanya seperti ini.

192.168.0.253 adalah ip komputer client yang akan diremote

Jika proses instalasi selesai, maka admin jaringan bisa meremote tiap client di jaringan tersebut. Selamat mencoba.