Bisakah mengambil data komputer yang ada di belakang modem 4g  dari luar jaringan? itu modem kan ip nya private, bisakah kita mengambil data komputer yang ada dibelakang modem tersebut??

Setelah saya coba, jawabnya bisa iya, bisa tidak. Tidak bisa diambil jika kita mengambil datanya melalui jaringan beda operator. untuk jawaban bisa itu jika kita menggunakan jaringan yang masih satu operator, itupun dengan catatan kita masih di satu kota.

Operator yang saya gunakan adalah Smart Fren.

Jadi, ceritanya begini. Saya punya web server dikomputer dibelakang modem smartfren tersebut. dan saya pengin mengaksesnya melalui jaringan luar. Setelah cek sana IP modem smartfren tersebut adalah IP  private, jadi mustahil bisa diakses dari luar. kemudian setelah saya pikir2 serta membyangkan tentang infrastuktur networknya , saya tebak aja, mungkin kalo masih satu operator itu masih bisa, dan kebetulan dsini ada 2 modem smart fren baru beli. jadi saya coba tu modem smartfren-nya. Setelah setting port fowarding untuk jalur web di modem, supaya kalo ada permintaan ke port tersebut suruh di forward ke komputer web server, maka jadilah kita bisa akses web kita yang ada di belakang modem tersebut. dengan catatan:

  • kedua modem tersebut masih di kota yang sama. kebetulan saya nyobanya di kota serang.
  • ini yg belum saya tahu pastinya, kadang bisa terkoneksi, kadang ndak bisa. mungkin pas si modem A minta IP ke dhcp server nya dapat IP Adressnya ndak satu network dengan Modem B, jadi ini yg bikin ndak bisa connect antar modem. Solusinya? restart aja modemnya. kalau diistilah windowsnya, kita Release IP modemnya kemudian kita Renew IP modemnya.
  • Jangan koneksikan modem A dan Modem B yang beda kota, saya ndak tau kenapa, mungkin networknya udah beda, jadi ndak bakalan bisa.
  • Pastikan anda paham soal jaringan, jadi bisa main tebak2an kayak gini.